Pages

Thursday, May 28, 2015

Penyebab Munculnya Jerawat di Kulit Wajah


Masalah jerawat terkadang menjadi suatu kendala yang cukup besar dalam hal percaya diri seseorang yang mengalami masalah jerawat. Namun dengan semakin majunya teknologi kesehatan kecantikan kulit para penderita penyakit PD ini tidak perlu merasa khawatir lagi. Sebab mau cara tradisional maupun modern bisa menjadi sebuah alternatif dalam penyembuhan dan menghilangkan noda jerawat yang membekas di wajah.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang cara menghilangkan jerawat ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apakah jerawat itu:

Jerawat merupakan suatu kondisi di mana pori-pori kulit mengalami penyumbatan dan akhirnya menimbulkan kantung yang berisi nanah dan meradang. Jerawat merupakan suatuh penyakit pada kulit yang dialami sebagian besar kalangan remaja dan penderitanya semakin meningkat. Seorang peneliti yang bernama Kligmann berpendapat, “Tidak seorang pun manusia di dunia ini se-masa hidupnya tidak pernah mengalami yang namanya jerawat pada kulitnya. Kemungkinan penyebab utama jerawat adalah disebabkan adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Selain itu perubahan hormonal yang menjadi pemicu masalah jerawat yaitu menstruasi, masa kehamilan, penggunaan pil KB dan timbulnya stres.


Berikut Ini Beberapa sebab Mengapa Jerawat Timbul:

1. Faktor makanan – ada beberapa jenis makanan yang dapat mengakibatkan tumbuhnya jerawat seperti junk food, gorengan, kafein, berlemak dan makanan pedas. Nah mulai sekarang jauhi yaa makanan makanan tersebut selain penyebab tumbuhnnya jerawat, makanan tersebut juga sangat buruk bagi kesehatan.

2. Faktor kedua yaitu kulit berminyak – memiliki kulit wajah yang berminyak biasanya sangat rentan terhadap debu kotoran atau polusi udara, sehingga kulit wajah mudah sekali kotor dan menyebabkan tumbuhnya jerawat karena terkontaminasi oleh bakteri.

3. Faktor alat kontrasepsi – ada beberapa orang yang menggunakan alat kontrasepti mengalami perubahan pada kulitnya. Hal ini dikarenakan adanya gangguan pada hormon yang mengakibatkan kelenjar kulit juga terganggu, sehingga kulit mudah sekali berjerawat.

4. Faktor kosmetik – lebih teliti dalam menggunakan kosmetik serta jangan menggonta ganti produk kosmetik karena hal ini termasuk kedalam salah satu penyebab timbulnya jerawat.

5. Faktor dehidrasi – kurangnya cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan tubuh mengalami gangguan metabolisme, sehingga dapat berpengaruh pada kondisi kulit. konsumsi air putih setiap hari juga dapat berfungsi untuk meluruhkan minyak didalam tubuh.

6. Faktor paparan sinar matahari – paparan sinar matahari secara langsung ternyata dapat merusak jaringan luar kulit wajah, sehingga kulit wajah sangat rentan terhadap bakteri ataupun virus penyebab tumbuhnya jerawat.

7. Faktor genetik – jika salah satu anggota keluarga mengalami masalah dengan jerawat, ada kemungkinan hal ini akan diturunkan pada generasi berikutnya termasuk anda.

8. Faktor pubertas – masa pubertas merupakan suatu perubahan pertumbuha yang mengalami perubahan fisik serta hormon dari masa anak anak ke masa remaja dan dewas. Biasanya jerawat akan muncul ketika terjadi pada masa haid.

Baca juga Jenis-Jenis Jerawat Pada Wajah

No comments:

Post a Comment