Pages

Saturday, February 21, 2015

ALAS BEDAK/FOUNDATION


Apa itu alas bedak/foundation atau yg bahasa gaulnya foundie? Yaitu kosmetik dasar yang berfungsi sebagai alas atau dasar untuk kosmetik lain yang hendak dipakai. Fungsi alas bedak adalah untuk menutup noda-noda dan meratakan kulit wajah. Ada berbagai jenis alas bedak yaitu:
1. Alas bedak cair (liquid foundation) contohnya viva liquid foundation, inez satin smooth foundation, wardah luminous liquid foundation, sariayu liquid foundation, dll.
2. Alas bedak krim (cream foundation) contoh sariayu cream foundation, aubeau true cover foundation, la tulipe cover foundation, kryolan supracolor, dll.
3. Alas bedak bentuk padat (stick foundation) contoh pixy stick foundation, oriflame dual core foundation, NYX mineral stick foundation, mustika ratu dempul lelet, dll.



Selain berdasarkan bentuknya alas bedak juga dibedakan berdasarkan coverage atau daya tutupnya terhadap noda2 di wajah, yaitu:
- Alas bedak yang tidak terlalu menutup noda wajah hanya meratakan warna kulit saja (sheer coverage) kebanyakan berupa alas bedak cair
- Alas bedak yang daya tutupnya menengah (medium coverage) bisa menutupi noda2 tipis tapi tidak mampu menutupi noda yang jelas, biasanya berbentuk alas bedak cair dan juga krim
- Alas bedak yang mampu menutup semua noda wajah termasuk tahi lalat bahkan tato (full coverage), biasanya berbentuk alas bedak krim pekat dan padat/stick

Alas bedak dipakai setelah pelembab sebelum memakai bedak, jadi pakai pelembab dulu terus pakai alas bedak baru dilanjut pakai bedak, boleh bedak tabur atau bedak padat.

Bagaimana cara pakai alas bedak, boleh pakai apa saja… bisa pakai jari-jari, pakai spons atau kuas jadi bebas silakan pilih yang kira-kira paling enak pake apa.

Nah, banyak yang tanya “alas bedak apa yang paling cocok buat saya” jawaban yang paling tepat adalah “saya tidak tahu” kok bisa gitu, iya karena saya nggak tahu kondisi kulit kamu. Nah daripada bingung nih saya kasih panduan memilih alas bedak ya...
1. Pilih alas bedak sesuai kebutuhan, maksudnya kalau mau buat dandan harian yg nggak terlalu berat pilih alas bedak yang ringan supaya tidak menutup pori2 misalnya alas bedak cair. Nah kalau mau ada acara khusus kayak kondangan maka pilih yang lebih tebel dikit misal alas bedak krim atau kalau mau nggak terlalu berat maka boleh tetep pakai yang cair. Nah kalau mau syuting atau jadi penganten atau wisuda baru deh pakai yang kelas berat macam kryolan biar noda2nya ketutup semua. Kita nggak perlu pakai alas bedak yang daya tutupnya manteb setiap saat sebab pori2 akan ketutup terus sehingga malah bikin kulit nggak sehat dan rentan jerawatan.
2. Pilih alas bedak yang bener2 sesuai warna kulit, jangan terlalu gelap atau terlalu terang. Di konter kosmetik kadang mbak-nya bilang bisa pakai warna lebih terang lalu pake bedak yg lebih gelap atau sebaliknya. Lupakan saran itu, yang bener adalah pilih yang bener2 pas dengan warna kulit biar nggak kayak topeng. Cara milihnya adalah dengan mengoleskan alas bedak di leher atau rahang trus lihat warnanya pas atau nggak, jangan mencoba di kulit tangan sebab warna kulit wajah dan tangan beda. Setelah dioles tunggu sebentar, jika warna alas bedak tampak menyatu dengan kulit berarti warna itu cocok.
3. Pilih sesuai jenis kulit. Untuk kulit berminyak pilih yang memang untuk kulit berminyak dan begitu juga untuk kulit normal ataupun kering pilih yang sesuai ya…
Okay, sista & bunda itu tadi tips2 untuk memilih alas bedak. Ingat, apa yang cocok di satu orang belum tentu cocok di orang lain karena kulit tiap orang itu beda-beda.
Nah, kalau ada yang mau nambahin informasi silakan, trus sekarang alas bedak andalan apa yang sista & bunda pakai selama ini dan kenapa milih produk itu? Bagi-bagi informasi yuk….

No comments:

Post a Comment