Pages

Wednesday, February 26, 2014

Cara Membuat Masker Dari Beras



Kali ini saya akan memberikan artikel tentang cara membuat masker beras. Dari jaman dulu sampai sekarang masker beras masih dipakai untuk perawatan kecantikan dan bahkan untuk merawat tubuh. Kita langsung aja deh....

Beras adalah bahan makanan yang paling sering dijadikan bahan untuk perawatan kulit secara tradisional. Beras sering kali dijadikan sebagai bahan untuk membuat lulur, masker, atau juga bedak. Manfaat beras untuk kulit salah satunya adalah karena adanya kandungan vitamin E yang terdapat pada beras. Vitamin E bekerja sebagai antioksidan di kulit, untuk mencegah kerusakan sel kulit, memperbaiki sel kulit yang rusak, dan membuat kulit senantiasa awet muda terawat.


Kita pun bisa juga dengan mudah menemukan beras, karena negara kita adalah salah satu negara penghasil beras terbesar di dunia. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat bedak dari bahan beras. Disimak, yuk!

Cara Membuat Bedak dari Bahan Beras

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Beras
  2. Air
Alat yang dibutuhkan:
  1. Nampan
  2. Baskom
  3. Ayakan/ayak
  4. Blender kering

Cara membuat


  • Rendam beras dalam air selama 3 malam atau lebih. Perendaman air dalam beras ini adalah untuk melunakkan partikel tepung dalam beras. Semakin lama masa perendaman maka akan semakin baik, karena partikel tepung akan semakin halus dan memudahkan pengerjaan.
  • Setelah masa perendaman cukup, tiriskan beras dan jemur di bawah sinar matahari hingga beras tidak lagi basah.
  • Haluskan beras menggunakan blender kering. Jika tidak ada blender, bisa menggunakan lumpang dan alu (alat tumbuk).
  • Beras yang sudah diblender kemudian diayak agar didapatkan tepung beras yang lebih halus.
  • Ampas sisa ayakan kemudian diblender ulang bersama dengan beras lain yang belum dihaluskan.
  • Ulangi langkah 3, 4 dan 5 hingga semua beras dan ampas sisa ayakan halus.
  • Tepung beras yang dihasilkan sampai tahap ini bisa langsung dijemur hingga benar-benar kering, dan bisa mulai digunakan.
  • Agar tepung beras bisa lebih halus lagi, tepung beras (hasil ayakan) direndam kembali dalam air selama 3 hari. Pastikan air rendaman tidak melebihi permukaan tepung beras.
  • Setelah 3 hari masa perendaman tepung beras, gunakan nampan lebar untuk menjemur tepung beras. Jemur hingga tepung beras benar-benar kering. Tepung beras yang didapatkan pada tahap ini adalah tepung beras yang lebih halus.
Tidak hanya beras saja yang bisa membuat wajah cantik secara alami mau tau klik DISINI

Tips:

Untuk membuat bedak beras ini lebih harum, dapat menggunakan air mawar pada proses perendaman, atau campuran bunga-bunga lainnya. Dapat juga menggunakan daun pandan pada proses pengeringan akhir.

No comments:

Post a Comment